Mengubah file atau folder menjadi super privasi dengan mengunakan attrib.exe ~ Notepedia

Monday, January 4, 2016

Mengubah file atau folder menjadi super privasi dengan mengunakan attrib.exe

teknik komputer-notepedia
Tutorial ini saya akan mejelaskan bagaimana cara nya membuat file privasi dengan cara menyembunyikan nya dengan cara menfaatkan perintah attrib pada windows, mungkin ini bermanfaat bagi kamu yang membuat file atau folder yang tidak boleh di baca oleh orang tertentu. Attrib.exe ini adalah program atau perintah yang akan kita ngunakan dalam membuat file tersembunyi tersebut yang menjadi bawaan operating system windows , file ini ber lokasi C:\Windows\System32 folder . tapi program tersebut tidak akan berjalan di lokasi tersebut. Nah , jadi kita mengunakan command prompt yang telah di buka dengan run as administrator . mungkin kamu sudah tahu cara menampilkan command prompt tersebut sekedar ngingatin aja :
  • Start > all program > Accessories > command prompt
  • Klik kanan Run as administrator
  • Jreng.. jreng tiba tiba muncul command prompt nya , biar lebih jelas nya liat di gambar bawah ini 
teknik komputer -notepedia

Apa Itu Attrib.exe ?

Attrib adalah pengaturan file attributes yang berfungsi memodifikasi file atau folder pada windows yang terdiri dari :
  • - Read Only ( r ) : yaitu file atau folder  tidak dapat di modifikas.
  • - System ( s ) : yang sering dingunakan oleh operating system untuk melindungin file penting.
  • - Hidden ( h ) : file atau folder akan tersembunyi.
  • - Archive (a ) : adalah file backup yang telah tersalin.

jadi teman dapat memodifikasi nya sesuai dengan kebutuhan teman.

Cara mengunakan file Attrib.exe

Teknik tersebut bisa modifikasi sesuai dengan kebutuhan tapi kengunaan ini sering sekali disalah gunakan oleh pembuat virus untuk hal yang negative maka karena itu manfaatkan sebaik-baik nya. Sudah saya bahas sebelum nya file tersebut dalam berjalan di command prompt , nah ada 2 cara pengunaan file attributes ini kalau kamu akan menjalan kan perintah symbol “ + “ untuk mengaktifkan tapi apabila membatalkan perintah maka “ - “

Agar mempermudah kamu menjalan kan perintah tersebut kamu ketik attrib /? Lalu tekan enter pada command prompt. makan akan tampil seperti gambar berikut

teknik komputer - notepedia

akan tampil cara mengunaan dan fungsi-fungsi pengunaan perintah pada command prompt, mungkin teman sudah sampai disini mulai mengerti ,namun akan saya perjelas kembali cara mengunakan nya.
contoh : 
ini adalah cara bagaimana membuat file hidden (tersembunyi ) tapi dengan bawaan operating system sehingga tidak akan tampil dalam pengaturan hidden seperti biasa.

- pertama sakali kamu buat folder di desktop komputer kamu dengan nama private

attrib +s +h C:\Users\ACK\dekstop\private 

ket : 
attrib adalah perintah attribute pada folder
  • +s : memberi perintah file tersebut akan di lindungin atau menjadi bawaan operaring system
  • +h : memberi perintah file akan di (hidden) sembunyikan 
  • C:\Users\ACK\dekstop\private : lokasi file tersebut berada
ACK adalah username komputer yang saya gunakan jadi ubah dengan nama komputer kamu , dalam pemberian perintah ini tidak sensitive case yang berarti tidak berpengaruh besar atau kecil nya huruf. Dalam contoh kedua ini saya berikan perintah minus (-) sebagai contoh nya lagi :

attrib -s +h C:\Users\ACK\dekstop\private 
Maka file tersebut akan tersembunyi saja karena di berikan nilai minus( - ) pada “s”. dan kamu dapat memodifikasi nya sesuai kebutuhan . nah, agar kamu dapat bisa membeda kan file tersebut atau menampilkan file nya kamu buka control panel lalu folder option. seperti gambar berikut

teknik komputer - notepedia

  • a. attrib +s +h C:\Users\ACK\dekstop\private dengan meberi tanda pada folder option “show hidden files,folders and drives” tanpa ditandai operating system file(recommended). 

  • b. attrib +s +h C:\Users\ACK\dekstop\private dengan memberikan tanda pada “hide protected operating system file(recommended)”tanpa di tandai show hidden files,folders and drives. 

Nah, kamu sekarang dapat membedakan nya, bukan ? apabila kamu masih belum ngerti juga buat dua buah folder yang berbeda nama nya dan berikan perintah a pada folder a dan beri perintah b pada folder b.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kamu yang membaca nya dan gunakanlah dengan sebaik-baik nya . oya apabila teman memiliki tambahan ayang berupa komentar atau saran bisa teman tulis di kotak komentar insyallah komentar nya saya balas.


SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Mengubah file atau folder menjadi super privasi dengan mengunakan attrib.exe
4 / 5
Oleh

6 komentar

sep bole di coba

Mas, klo virus-nya juga menyerang file “attrib.exe”-nya? Dulu pernah kejadian di satu tempat, file-file yang ada tersembunyikan, dicoba pakai “attrib.exe” seperti perintah di atas, tidak mempan. Trus waktu mau ditampilkan dari Options > Show hidden files and folders + Unhide protected system files, tidak mau tampil juga. Pernah mengalami yang seperti ini? Ada solusi (selain install ulang atau repair, hehe)?

hm.. tidak pernah kebayang kalu virus dapat menyerang attrib.exe , kalu mas tidak mau repair atau install ulang , mas dapat timpa kan dengan attrib.exe milik copy-an windows lain nya lalu replace kan saja .. (sembuh dhe penyakit ) namun sebelum itu agar dapat terlindungin, setiap formatan exe .. beri (read only) maka tidak ada perubahan yang disebabkan oleh virus

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Mengubah file atau folder menjadi super privasi dengan mengunakan attrib.exe