15 Aturan Tipografi Dalam Design ~ Notepedia

Sunday, April 28, 2013

15 Aturan Tipografi Dalam Design

Dalam artirkel ini saya menjelaskan 15 hal yang di saran kan agar design typografi dapat lebih bagus dan mudah tersampai nya suatu informasi dalam design dan ini lah 15 aturan tersebut :
  • Untuk Readibility atau keterbacaan yang optimal pergunakan jenis huruf yang secara fisik sederhana dan umum sehingga mudah dikenali.
  • Jangan terlalu banyak mempergunakan jenis huruf dalam sebuah design. Pergunakan maksimal 3 jenis huruf.
  • Jangan takut mempergunakan satu jenis huruf saja. Karena satu jenis huruf tidak akan monoton bila digali potensi Type familynya.
  • Untuk membedakan dan memberi penekanan pada informasi pergunakan Point Size yang berbeda sesuai dengan hirarki dan prioritas informasinya.
  • Jangan membuat kolom untuk Body Text terlalu panjang, karena akan melelahkan mata. Panjang kolom ideal maksimal 10 cm.
  • Point Size untuk Body Text jangan terlalu kecil karena sulit dibaca ataupun terlalu besar karena makan ruang. Idealnya adalah 9 sampai 12 point, walaupun bisa dibuat 8 sampai 15 point tergantung kebutuhan.
  • Hindari pemakaian jenis huruf yang hampir sama, karena masyarakat umum belum tentu dapat menangkap perbedaannya.
  • Teks yang ditulis dengan huruf capital atau Upper case semua akan lebih sulit dibaca dari pada pemakaian kombinasi Upper case dan Lower case.
  • Kerning atau jarak antar huruf yang terlalu dekat atau terlalu jauh akan mengganggu kenyamanan membaca. Temukan jarak ideal sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan.
  • Leading atau jarak antar baris yang terlalu dekat atau terlalu jauh akan mengganggu kenyamanan membaca. Temukan jarak ideal sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan.
  • Untuk pembacaan optimal pergunakan komposisi baris teks atau Aligment yang umum seperti rata kiri, rata kanan, rata kiri-kanan dan rata tengah.
  • Huruf yang terlalu ramping atau Condensed dan terlalu lebar atau Expanded akan mengganggu kenyamanan membaca. Jadi pergunakan untuk kebutuhan yang khusus.
  • Jaga integritas ketikan dengan mengatur huruf dan kata pada Base Line atau garis dasar.
  • Untuk kemudahan baca atau Readibility apabila bekerja dengan warna, pastikan ada kontras warna yang cukup antara teks dengan Back ground.
  • Teks dengan warna tua dan Back ground dengan warna muda akan lebih mudah dibaca dari pada teks warna muda dengan Back ground warna tua.
Bila dilihat dari sisi keilmuan, Tipografi haruslah dipelajari dan dipergunakan sesuai dengan konsep dan teori yang berlaku. Namun bila dilihat dari sisi seni (dimana pada setiap orang memiliki “kadar” yang berbeda dalam hal nilai “estetika” dan Art), maka untuk menghasilkan sebuah design yang unik, hendaknya dipergunakan juga teknik Tipografi yang menarik untuk dipandang dan dilihat mata. Berikut ini terdapat beberapa teknik dasar untuk menghasilkan tipografi yang menarik.

14 Teknik dasar dalam Typografi.


Sumber :
Muhamad Salman Alfarisi , tipogarfi dan penerapannya pada design publikasi 

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
15 Aturan Tipografi Dalam Design
4 / 5
Oleh

3 komentar

nambah ilmu lagi nih hehehehehehehehe...
btw blog ane udah bener gak tipografinya?
http://primacheat311.blogspot.com/

sudah bagus ..
tapi pengunaan populer post nya membuat agak semak di lihat karena pengunaan tulisan berlebihan

masalah tata letak ...
di search .. masih kurang rapi teman..
lebih ada baik nya content iklan di ubah posisi nya ...

cuma itu saja
selebih nya sudah bagus dan template pun kyak nya .. sudah sesuai dengan standart SEO

masih awam soal warna"an , artikel di sini sayta kira tepat buat saya :D

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
15 Aturan Tipografi Dalam Design