Mengunakan Handpone berbasis Android menjadi modem ~ Notepedia

Friday, May 10, 2013

Mengunakan Handpone berbasis Android menjadi modem
Ini sangat bermanfaat sekali bagi teman yang ingin sekali berkoneksi internet dimanapun dengan modal handpone yang berbasis Android saja, mungkin banyak yang tidak mengetahui tentang hal ini padahal handpone teman dapat di jadikan modem atau membuat system jaringan tersendiri dari laptop ke laptop lainya dengan mengunakan system koneksi pada handpone teman tersebut, kali ini saya akan memberikan cara bagaimana menjadi handpone yang berbasis Android dapat di jadi sebagai Modem agar teman dapat berkoneksi dengan internet.

Membuat Koneksi Internet Dengan USB Android

Cara ini sama cara kerja seperti modem karena mengunakan media USB sebagai penghubung antar komputer  dan berikut ini saya akan memberikan cara nya membuat koneksi internet dengan mengunakan USB :
  • Pastinya teman memiliki Handpone yang berbasis Android apapun merk nya yang penting android dan juga teman memiliki pulsa untuk bisa internetan kalau tidak sama saja enggak bisa internetan walaupun mencoba nya berulang-ulang kali.

  • Kali ini Saya mengunakan Android Galaxy Young yang bermerk SAMSUNG  di tutorial ini namun mungkin dapat bekerja di versi-versi android lain nya.nah banyak cara agar android dapat berkoneksi dengan internet salah satu nya mengunakan software PdaNet  tapi agak lumayan ribet karena perlu di install di android dan juga di komputer nya sendiri dan masih kurang efektif . tapi kali ini saya akan memberikan cara yang mudah hanya dengan install driver  USB Samsung nya saja dan kamu dapat mendownload nya disini.
  • Cara install Driver USB Samsung tidak perlu di tanyakan lagi di pastikan teman sendiri dapat melakukan nya karena Cuma Next , Next , Next ,Next ,Finish
  • Setelah selesai menginstall program tersebut ada lebih baik nya teman restart komputer nya agar program dapat berjalan dengan baik. Setelah  saran saya di laksanakan pastikan Handpone Android teman sudah tercolok USB pada Komputer lalu Coba buka Handpone android teman dan pilih pengaturan pada android lalu nirkabel dan jaringan setelah itu Tathering dan portable Hotspot  setelah itu aktifkan Penambatan USB di bawah penambatan USB terdapat Hostpot Wi-fi portable yang  fungsi sebagai pembuatan system wireless sendiri dari handpone tersebut.
Program yang saya berikan tersebut hanya mampu berjalan di program android bermerk Samsung tapi tidak akan berjalan di merk lainya tapi hal ini dapat di atasi dengan cara mengunakan program PDAnet . apabila kamu memiliki Android yang bukan bermerk Samsung saya juga memberikan cara nya untuk mengunakan nya.berikut ini cara nya :

Membuat koneksi internet mengunakan Program PDAnet.

  • Download dan install aplikasi bernama PdaNet untuk android disini.
  • Setelah Pda Netter install di dalamnya kalian akan menemui 2 pilihan, yang pertama yaitu "usb tether" dan "bluetooth tether".

  • Setelah memutuskan jalur koneksi mana yang akan anda gunakan maka langkah selanjutnya adalah meng-klik pilihan tethering yang anda pilih lalu anda akan terhubung ke situs download program yang nanti nya akan anda install pada laptop/computer anda. Save filenya di dalam sdcard hp kalian atau dapat didownload disini.

  • Setelah file terdownload dengan sempurna hubungkan hp atau android device anda ke laptop / komputer yang akan anda gunakan lalu pindahkan PdaNet.exe yang telah anda simpan pada sdcard anda ke laptop / computer tersebut. Putuskan koneksi android device kalian dari computer lalu install PdaNet.exe tadi.

    Pada saat installasi berlangsung anda akan diberikan petunjuk untuk mensetting Hp kalian yaitu dengan membuka setting > application > development >lalu centang opsi "USB debugging". Setelah itu hubungkan kembali perangkat android anda ke laptop/computer tadi lantas tunggu proses installasi selesai. Apabila anda diberikan perintah untuk memasukkan CD installasi tunggu sampai proses installasi PdaNet selesai lalu klik cancel pada perintah memasukkan CD tersebut.

  • Setelah ada tanda finish dari PdaNet itu artinya proses installasi telah selesai dan anda pun dapat terkoneksi ke internet melalui computer anda melalui android.

Membuat koneksi Internet Dengan Membuat Wireless Sendiri Pada Android

Cara ini sama saja dengan cara yang saya berikan di atas namun berbeda sedikit karena tidak perlu install program lagi tapi hanya di butuhkan notebook teman yang mampu mengakses wireless saja, kamu dapat mengatifkan nya dengan cara pengaturan > nirkabel dan jaringan > Tathering dan portable Hotspot > Hostpot Wi-fi portable. kamu dapat mengatur system keamanan pada wireless tersebut agar hanya orang tertentu saja yang dapat mengakses wireless handpone kamu . dengan cara pilih pengaturan hostpot Wi-fi Portable yang letak nya bertepatan di bawah Hostpot Wi-fi portable lalu buka konfigurasi hostpot Wi-fi Portable, nah nanti akan muncul kotak dialog pada android tersebut.

*SSID jaringan fungsi nya pembuatan nama jaringan

*Pengamanan fungsi nya sebagai pengaman agar wireless dapat di batasi (pilih WPA2 PSK agar wireless di beri pasword jangan  Open wireless akan bebas semua orang dapat mengakses karena tidak berpasword)

*kata sandi  berikan sandi paling sedikit 8 huruf

Catatan :
    • Koneksi menggunakan wireless/bluetooth memang terdengar keren tapi ingat menggunakan Bluetooth dapat menyebabkan baterai cepat habis, selain itu koneksi internet akan menjadi kurang stabil dan hp anda cepat panas!
    • Menggunakan usb sebagai media koneksi ke laptop/computer anda, (recommended) koneksi dengan usb sama artinya dengan mengisi ulang baterai anda! Yang gak?Selain itu koneksi yang dihadirkan pun menjadi lebih stabil dan hp anda tidak akan mudah panas.

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Mengunakan Handpone berbasis Android menjadi modem
4 / 5
Oleh

2 komentar

mantaff gan, thanks for info. . . . . . aplikasi berjalan dengan mulus. . . . . .

thank bro atas solusinya ........moga bisa lancar seterusnya ...asal kuota internet masih ada .....sip ok....

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Mengunakan Handpone berbasis Android menjadi modem