Apa Sih Desain Grafis itu secara teori nya? ~ Notepedia

Friday, July 12, 2013

Memahami Dasar Warna
Mungkin teman sudah mengetahui desain grafis itu apaan , namun teman di pastikan belum mengetahui dengan memahami secara teori nya enggak lengkap rasa nya kalau mengetahui secara praktek pasti nya perlu juga suatu teori agar lebih berpendidikan dikit, dalam psotingan ini saya share kan beberapa yang saya pelajari dan saya dapatkan dari beberapa situs yang mungkin dapat menopang mengetahuan teman dalam ilmu desain grafis .jadi apasiii itu desian grafis secara teori ??

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.

Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Beberapa tokoh menyatakan pendapatnya mengenai desain grafis :

 Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai "aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri:". Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi.Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Menurut Michael Kroeger, visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).

Warren dan Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.

Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

dari tokoh-tokoh tersebut memberikan beberapa definisi yang terkait yang dapat disimpulkan namun  menurut saya desian grafis adalah suatu bentuk seni rupa yang di manfaatkan sebagai media visual dan media komunikasi yang bersifat sugesti dan mampu mengabung berbagai elemen yang di terapkan dalam suatu media informasi.

Kategori Desain Grafis

Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori :
  1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
  2. Web Desain: desain untuk halaman web.
  3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
  4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
  5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
mungkin lebih kurang nya seperti itu namun apabila masih ada yang mau di tambahkan di komentar aja ..

Sumber Terkait :
~ wikipedia.org
~ tyogooners.blogspot.com

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Apa Sih Desain Grafis itu secara teori nya?
4 / 5
Oleh

5 komentar

wah terima kasih atas share nya

This comment has been removed by the author.

Gue suka edit2 foto dan membubuhkan kalimat didalamnya. Tapi kalimat yangembangun, gw suka menulis juga, apa artinya aku kuliah dan ambil jur desain grafis? Bngung nih min :D help me ya

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Apa Sih Desain Grafis itu secara teori nya?