Vektor Vs. Bitmap serta penjelasanya ~ Notepedia

Sunday, August 11, 2013

teknik design-notepedia
Bitmap dan vector adalah berupa gambar digital yang tersusun dari koordinat-koordinat tertentu yang berupa warna dan citra .Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai sumbu koordinat x dan y.
Perkembangan dunia gambar digital dalam berbagai bentuk menunjukkan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan image atau citra terhadap sesuatu objek atau benda.
Perkembangan ini tak lepas dari semakin kencangnya laju perkembangan software dan hardware pencipta image maupun pengelola hingga pencetakaan yang sangat bervariasi.
Pengolahan gambar dasar sebuah obyek sampai pada menghasilkan pencitraan yang indah akan sesuatu tak lepas dari cita rasa seni seorang desainer .Seorang desainer yang mampu menghasilkan desain indah bercita rasa seni tinggi dan mampu menampilkan pencitraan bagus atas sebuah obyek/produk yang ia buat sendiri.
Seorang desainer mampu memperkirakan sebuah obyek dasar akan dipoles untuk menghasilkan karakter tertentu dengan kombinasi tertentu pula. Kemampuan seorang desainer grafis dalam era digital jelas tak bisa dilepaskan dari derkembangan perangkat lunak dan perangkat keras di bidang pengolahan digital image, mulai dari perangkat input, proses hingga outputnya. Maka karena itu semakin maju nya zaman semakin canggih pula dalam proses pembuatan desain objeck dan juga semakin instan dalam pengunaan waktu pembuatan nya.

Di sisi itu perangkat lunak (software), pengolah grafis termasuk kategori yang memiliki penggemar yang sangat banyak mengingat tingkat aplikatifnya yang relatif tinggi dibandingkan dengan misal, pemrograman atau jaringan dan Hal ini di sebabkan lebih efisien dan mudah untuk di pelajari di setiap kalangan. Sekarang kembali ke topik

"Bitmap dan vector jadi yang mana yang paling di unggulkan ?"

Sebenar nya bitmap dan vector adalah suatu hal yang berbeda karena memiliki kelebihan dan kekurangan di tiap masing-masing nya , yang mana di unggulkan ? pasti nya itu menurut kebutuhan kamu masing-masing. Dalam artiekl ini saya menjelaskan pengertian vector dan bitmap serta kelebihan serta kekurangan nya.

Vektor

Vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming).

Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori.
Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain : CorelDraw , Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer. Dan tiap-tiap masing nya program mengahasilkan format nya  sendiri –sendiri seperti  : CDR, .AI, .SVG, .EPS, dan dll.

Bitmap

Bitmap adalah gambar bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambar. Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah dan akan tampak seperti kotak-kotak  dan hasil gambar pun tidak jelas .
Beberapa grafis bitmap dapat kamu temui di file komputer, yakni file komputer yang berekstensi : .bmp, .jpg, .tif, .gif, dan .pcx. Grafis ini biasa digunakan untuk kepentingan foto-foto digital.

Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain : Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks. Semua program tersebut menawarkan kemudahan dan kelengkapan fiturnya.
Suatu foto atau gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik warna-warna yang membentuk suatu pola. Pada file bitmap dikenal dua istilah penting, yaitu :

1. Resolusi atau jumlah titik persatuan luas, yang akan mempengaruhi ketajaman dan detil file bitmap. Biasanya dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).

2. Intensitas atau kedalaman warna, yang akan menentukan kualitas warna gambar secara keseluruhan. Biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam-putih (black & white).
Biar lebih jelas nya kita liat sampel perbedaan antara bitmap dan vector

vektor vs bitmap notepedia

Kesimpulan

Dari kesimpulan di atas mungkin sudah dapat kia simpulkan kekurangan dan kelebihan nya
Kelebihan Grafis Berbasis Bitmap
  1. Pemakaian memory pada prosessor lebih kecil dibandingkan dengan grafis berbasis Vektor. 
  2. Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan. 
  3. Dapat menghasilkan objek gambar Bitmap dari objek gambar Vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan.

Kelebihan Grafis Berbasis Vektor

  1. Ukuran file yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat memory penyimpanan. 
  2. Objek gambar Vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya. 
  3. Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda. 
  4. Menggambar dan menyunting bentuk Vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan.

Kekurangan Grafis Berbasis Bitmap

  1. Ukuran file dokumen yang dihasilkan besar. 
  2. Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar. 
  3. Efek yang diidapat dari objek berbasis Bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah atau lebih tinggi.

Kekurangan Grafis Berbasis Vektor

  1. Pemakaian prosessor yang memakan memori lebih banyak sehingga komputer bekerja menjadi lebih lambat. 
  2. Tidak dapat menghasilkan objek gambar Vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format Bitmap.
Menurut saya  Cuma itu saja perjelasan nya namun apabila ada pertayaan atau tambahan yang berupa kritik dan saran bisa melalui komentar dan  insyaAllah saya akan membalas nya. nnwn

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Vektor Vs. Bitmap serta penjelasanya
4 / 5
Oleh

4 komentar

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Vektor Vs. Bitmap serta penjelasanya