Apa Itu GNOME dan KDE ? ~ Notepedia

Thursday, December 19, 2013

Apa Itu GNOME dan KDE ?-teknik komputer
Mungkin kamu sudah mengetahui dan mengunakan system operasi linux  dan pastinya tidak asing lagi dengan sebutan GNOME ataupun KDE.GNOME dan KDE adalah suatu program antar muka desktop yang bediri atas dalam operating system  yang  dapat sering  kita jumpain dari dikebanyakan operating system seperti  Linux, BSD , Open Solaris Desktop.  program ini juga sangat berperan penting dalam perkembangan system operasi dalam bentuk visual grafis  dalam desktop hal ini mungkin di karenakan kedua program ini berlicensi  opensource sehingga dapat di kembangkan oleh siapa saja secara sukarela .
banyak kesamaan dari kedua program ini dari hal efek grafis yang memiliki kemiripan dan kesesuain agar dapat lebih mudah atau user friendly oleh penguna dan juga sama-sama open source . namun penulis akan menjelaskan perberdaan dari kedua program tersebut agar dapat bisa membandingkan dan mengetahui  kelebihan dan kekurangan dari kedua program tersebut.

GNOME (GNU Network Object Model Environment)

GNOME yang merupakan akronim dari GNU Network Object Model Environment adalah suatu lingkungan dekstop dan antarmuka grafis pengguna yang berjalan di atas operasi system , proyek ini di umumkan pada bulan Agustus 1997 dan 2 tahun sesudah itu GNOME meriliskan program nya pada bulan Maret 1999 . GNOME tidak saja merupakan sebuah window manager, tetapi system desktop yang interoperable antar komputer dan platform. Kemampuan ini diperoleh karena GNOME menggunakan Common Object Resource Broker Architecture (CORBA). GNOME lebih diterima di dunia Open Source karena GNOME dibuat dengan Gtk+ toolkit yang gratis dan Open Source berdasarkan GNU License. Dan juga program antar muka ini lebih mementingkan penghematan daya  memory sehingga lebih ringan dibangdingkan program antar muka lainya namun program ini tidak lupa dengan kepentingan antar muka dekstop agar dapat lebih menarik dan stabil. Berikut ini kelebihan dari program GNOME tersebut  yaitu :
  • Free. GNOME adalah proyek pertama yang menyediakan lingkungan kerja grafikal berbasiskan sepenuhnya kepada free software. 
  • User friendly. Setiap saat, GNOME selalu diusahakan agar tetap mudah dipakai, oleh pemula sekalipun. GNOME Usability Project bertujuan untuk meningkatkan tingkat kemudahan pemakaian GNOME.
  • Cutting edge. GNOME selalu menggunakan teknologi-teknologi terkini. Sebut saja CORBA untuk network transparency, penggunaan XML, dan semuanya diimplementasikan dengan menggunakan bahasa C untuk kecepatan dan portabilitas.
  • Developer friendly. Tidak hanya cukup dengan kemudahan pemakaian, GNOME juga datang dengan lingkungan pemrograman yang intuitif.
  • International. Para developer GNOME tersebar secara meluas ke seluruh dunia. Anda pun bisa ikut berkontribusi. Dengan fitur  GNOME yang baru, Anda bisa bekerja dengan jenis bahasa populer apapun, lengkap dengan dokumentasi.
  • Accessible. Bagi yang tidak mampu untuk menggunakan fitur standar GNOME, sebuah proyek dengan nama GNOME Accessibility Project aktif dikembangkan untuk mendukung pemakaian GNOME oleh siapa saja.
GNOME juga menambahkan beberapa komponen- komponen utamanya seperti :
  • GNOME desktop sebagai lingkungan kerja grafikal yang mudah digunakan. 
  • GNOME development platform dengan kumpulan tool, pustaka, dan komponen untuk membangun aplikasi di Unix.
  • GNOME Office dengan sekumpulan aplikasi produktif untuk perkantoran.
Dan banyak juga fitur-fitur menarik yang di dapati pada program GNOME ini yang dapat kamu kunjugin pada situs resminya gnome.org
GNOME terakhir merilis pada bulan September 2011  Dengan nama GNOME 3.04 dengan tempilan begitu responsive dan juga beberapa fitur –fitur terbaru lainnya sehingga tampak lebih stabil dari versi sebelumnya.

KDE (K Desktop Environment)

Sama hal nya dengan GNOME , KDE  yang merupakan acronym dari  K Dekstop Environment merupakan suatu lingkungan desktop antar muka yang memiliki fungsi sama dengan GNOME namun platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin. KDE di umum kan pada tanggal 14 oktober 1996 dan setelah 2 tahun berselang KDE merilis proyek nya dengan nama versi KDE 1.0 Pada tanggal 12 juli 1998
Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur . KDE dikembangkan sejalan dengan KDEvelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.
Mungkin kamu merasa janggal dengan singkatan KDE yang berarti K Dekstop Environment  Huruf "K" mulanya adalah untuk "Kool", tetapi selanjutnya diganti menjadi "K" saja, yang berarti "awalan huruf pertama sebelum “L” yang berarti awalan huruf dari Linux pada huruf latin contoh : JKLMN , hal ini di karenakan KDE sering dikenal dan dioperasikan pada system linux saja sehingga KDE sering dapat disangkut pautkan dengan Linux.
KDE memiliki ciri khas dalam hal penamaan software dengan hampir selalu menggunakan huruf K, seperti Konversation, Okular namun Hal ini tidak selalu menjadi suatu keharusan karena ada juga berbagai default software di KDE yang tidak menggunakan huruf K seperti Gwenview.
KDE memiliki maskot sendiri yang berbentuk naga berwarna hijau yang bernama konqi yang juga memiliki kekasih yang bernama Katie yang juga sebagai maskot KDE Wanita.
KDE terakhir merilis pada tanggal 25 januari 2007 dengan nama versi KDE 3.5.6  dan samapai sekarang KDE masih belum merilis kembali.

Perbedaan KDE dan GNOME

Ada dua hal perbedaan dalam pengunaan system lingkungan antar muka ini yaitu :
  • KDE berorientasi pada tampilan grafis sehingga tampilannya lebih cantik daripada GNOME yang tidak terlalu menaruh pada tampilan walaupun juga tidak mengabaikannya sama sekali.
  • GNOME lebih memakai lebih sedikit memori daripada KDE, sehingga performa GNOME relatif lebih cepat daripada KDE (ini mungkin karena GNOME tidak berorientasi pada grafis tetapi lebih kepada penghematan memori) 

apabila teman memilki suatu tambahan atau pertanyaan dalam artikel ini atau pun suatu kesalahan pada penulisan atau kritika dan saran ,teman dapat bisa tambahkan berupa komentar di bawah ini.nndwn

Sumber :Wikipedia.org

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Apa Itu GNOME dan KDE ?
4 / 5
Oleh

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Apa Itu GNOME dan KDE ?