Jiwa Kreatif : 7 Etika dalam Kreatifitas ~ Notepedia

Tuesday, September 13, 2016

Sebuah etika dalam dunia design kreatif itu sangat penting untuk diketahui hal ini di karenakan sebuah kebebasan yang tidak mendasar atau kebebasan yang tidak di batasi, terlalu bebas itu tidak baik karena dapat melanggar suatu aturan , kita boleh untuk merasakan bebas untuk berexpresi namun tidak boleh berlebihan karena berlebihan itu suatu hal  yang tidak bagus dilakukan dan yang dimaksud berlebihan itu adalah tanpa memikirkan orang sekitar atau perasaan orang lain maka karena itu dibutuhkan suatu etika dalam berpikir kreatif.

Etika merupakan salah satu cabang dari ilmu filsafat, yang mempelajari prinsip alami moralitas, dengan mendefinisikan mana yang benar dan mana yang salah. Pendeknya, etika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat yang berusaha membantu manusia untuk memahami pilihan benar dan salah dalam kehidupan. Dalam proses pemahamnnya, etika lebih banyak menggunakan pemikiran dibandingkan menggunakan keyakinan dan tradisi. Etika sendiri berasal dari bahasa Yunani "ethos" yang berarti karakter. pada dasarnya manusia itu ingin di hormati atau di akui di sekitarnya maka karena itu manusia membutuhkan sebuah etika agar dapat mengerti dan memahami dengan manusia lainnya, dalam design kreatif pun juga membutuhkan namanya etika mengapa ? karena agar mampu memahami dan mengerti dengan manusia lainya untuk mengekspresikan karyanya.

Opini Etika dalam kreativitas

Banyak yang beranggapan etika yang membatasi sebuah kreativitas dalam berkarya , pada dasar etika dan kreatif itu saling mendukung satu sama lainya dengan adanya batasan-batasan tersebut menjadi sebuah penekanan agar lebih untuk berpikir kreatif lagi.

Karena sebuah etika terbentuklah sebuah aturan –aturan secara tertulis maunpun tidak tertulis , hal ini disebabkan banyaknya pelaku kreatif  yang melanggar suatu etika  dalam berkreativitas , Seperti Pornografi , Pencemaran , plagiatisme,kekerasan serta mengadung SARA dalam karyanya . kebebasan untuk berexpresi itu boleh asalkan memikirkan keadaan sekitarnya apakah pantas anda membuat gambar yang seronok di pandang di ruang lingkup yang banyak anak kecilnya ?

Seorang pelaku design harus memilki sebuah keyankinan atau agama agar mengenal namanya etika dalam berkarya , karena dalam sebuah agama sudah ada hukumnya tersendiri untuk mengatur etika ini. Seperti hal Agama Islam yang bisa teman baca disini. Karena sebuah agama yang dapat membuat anda menjadi berprikemanusian.

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Jiwa Kreatif : 7 Etika dalam Kreatifitas
4 / 5
Oleh

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Jiwa Kreatif : 7 Etika dalam Kreatifitas