Cara Memilih Power Supply yang Baik ~ Notepedia

Tuesday, September 13, 2016

tips_dan_trick_memilih_power_suply
Power Supply atau disingkat dengan PSU salah satu perankat keras yang terdapat pada Komputer yang berfungsi sebagai mengalirkan sumber daya listrik pada perangkat keras lainya . pada dasarnya tujuan pada Power supply ini sederhana mengubah dari arus AC menjadi DC lalu di teruskan pada komponen lainnya. namun banyak perangkat keras ini banyak di lupakan nilai kepentingannya pada dasar power supply ini adalah jantung kehidupan pada komputer tersebut prinsipnya seperti ini power supply rusak computer tidak dapat menyala kembali. jadi power supply sangat lah penting dari perangkat -perangkat keras lainya,namun sebelum memilih power supply yang terbaik itu apa aja sebelum itu tidak ada salahnya mengenal power supply tersebut

Apa sih Power Supply Itu ?

Power supply adalah bagian dalam komputer yang berfungsi menyuplai tegangan ke komponen – komponen lain dari komputer. Power supply juga biasa disebut dengan power conversion karena fungsi utama dari power supply adalah mengubah  arus listrik bolak – balik / AC (arus listrik yang dari PLN) menjadi arus searah /DC. Kenapa harus diubah menjadi DC. Hal itu dikarenakan komponen elektronika yang ada dalam komputer itu hanya membutuhkan DC.

Apasaja tipsnya memilih PSU tersebut ?

Nah, memilih power supply yang bagus wajib kita lakukan untuk menjaga keawetan komponen lainnya, jangan sampai menggunakan power supply abal-abal yang justru semakin memperpendek usia komputer . berikut tips memilih PSU nya
  1. Perkirakan jumlah daya yang dibutuhkan untuk komputer , gunakan tool-tool yang ada di internet untuk membantu perhitungan
  2. Kemudian cari power supply yang cukup untuk memenuhi daya yang dibutuhkan oleh komputer.
  3. Ketika mencari PSU, jangan asal pilih PSU yang murah yang murah belum tentu bagus.
  4. Coba lihat rating PSU yang  dapatkan di internet, bagaimana ulasan para konsumen terhadap PSU tersebut.
  5. Usahakan untuk membeli PSU dari merk-merk yang sudah terpercaya dalam bidangnya, misalkan seasonic, Digital Alliance, dan masih banyak lagi.
  6. Cari yang sudah memiliki cap bronze (minimal), yaitu sertifikat yang diberikan kepada PSU dimana psu tersebut mampu membeikan efisiensi diatas 80 Selain itu, psu yang sudah berlabel 80+ juga bukan sembarangan PSU, PSU tersebut harus melewati berbagai macam tahapan agar bisa lolos.
Power_Supply_hardware

Bagaimana Menghitung PSU itu ?  

Pada dasarnya PSU hanya memiliki 3 satuan

W= Watt (Watt)
A= Amperage (Ampere, Arus)
V= Voltage (Voltase, Tegangan)
di mana, W = V * A

Didalam PSU terdapat rail,apa itu rail ? , Rail itu jalur yang ada dari Power Supply untuk menghantarkan listrik yang tadinya dari arus AC (PLN) yang di convert ke DC untuk diteruskan ke komponen perangkat keras lainya.

Pada PSU-PSU modern/masa kini, PSU dibagi Rail nya menjadi +3.3v, +5v, +12v, -5v dan -12v
Negatif di asumsikan menjadi 'Ground' atau nilai Netral yang hanya memberi sambungan arus dari kutub Positif.Rasa saya hal ini tidak perlu di bahas namun apabila anda kamu ingin mendalami PSU tersebut hal ini cukup bernilai penting,

Kenapa Rail itu Penting ? 

Berikut ini membuktikan rail itu memang penting
Rail menentukan hasil output akhir dalam bentuk Watt (W).
Rail 3.3V. 30A menghasilkan 3.3V*30A = 100W (coklat)
Rail 5V. 20A menghasilkan 5V*20A = 100W (merah)
Rail 12V. 25A menghasilkan 12V*25A = 300W (kuning)
Maka dari itu, Grand Total Output / Daya, bisa dibilang 500W.

Mulai masa sekarang dan mendatang, terlihat komputer mulai menggunakan komponen yang lebih menyedot arus 12V. Bisa dilihat dari GPU (VGA Card) masa kini yang hanya murni menggunakan Power dari arus 12V besar2an hingga 200Watt lebih. Dan juga komponen kecil-kecil seperti Fan, Neon CCFL, dsb selain USB Devices. Maka dari itu, Produsen PSU biasanya membagi Rail nya menjadi beberapa bagian, misalnya, 2 rail, 4 rail, bahkan 6 rail. Terutama di Rail 12V. Tujuan pembagian ini sebenarnya juga untuk memberikan pasokan listrik yang lebih stabil bagi komputer sehingga komponen bisa menjadi lebih dingin.

Jadi,Banyak Makan Listrik Dong ?

Pengunaan power supply ini sesuai kebutuhan pengunaan jadi maka karena itu harus menghitung juga nama nya efiensinya agar mengetahui hasilnya. Efisiensi pada Power Supply adalah rasio antara output yang berguna pada perangkat konversi energi dan input, contohnya jika sebuah komputer memakan daya 250 watt yang terserap dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) adalah 300 watt. jadi efisiensinya sekitar 83%, efisiensi akan terasa pada rekening tagihan listrik maka makin tinggi efisiensi, komputer kalian akan menyerap daya yang lebih kecil.

Contoh:
Power Supply 400 watt A efisiensi pada daya 200 watt adalah 75%
Power Supply 400 watt B efisiensi pada daya 200 watt adalah 83%
Efisiensi adalah berapa daya yang diambil dari listrik rumah kita (AC) untuk mengeluarkan jumlah output di Power Supply (DC). Cara hitung efisiensi adalah jumlah daya yang dipakai PSU dibagi dengan persentase efisiensi, mari kita hitung:
Power Supply A 200 watt / 75% = 266W
Power Supply B 200 watt / 83% = 240W
Jadi kesimpulannya Power Supply B lebih hemat listrik, karena untuk output 200 watt daya listrik yang diambil dari rumah kita adalah 240 watt, dimana Power Supply A untuk output daya 200 watt membutuhkan daya 266 watt.

Jadi PSU baik itu seperti apa dong ?

Kalau mau yang berkualitas tinggi pasti perlu nguras kocek kocek yang dalam karena kuliatas itu sebanding dengan harga, Berikut ciri-ciri power supply yang berkualitas :

1.    Harga Lumayan Mahal.
Untuk  350 Watt harga berkisar Rp. 400 ribu, 400 Watt harga berkisar Rp. 450 ribu sampai dengan Rp.500 ribu, sedangkan 500 Watt harga berkisar Rp. 600 ribu sampai dengan Rp. 850 ribuan. Untuk wattage yang lebih besar, harga dipastikan lebih mahal lagi. Harga mahal ini merupakan kompensasi dari komponen yang memang memiliki kualitas yang bagus dan lebih tahan lama.

2.  Berat power supply lebih dari power supply biasa.
Secara fisik, bobot power supply yang baik lebih berat dari yang biaa saja. Hal ini disebabkan karena power supply yang bagus menggunakan bahan – bahan terpilih, misalnya kabel-kabelnya memiliki serat tembaga yang lebih tebal, kapasitor yang ada didalamnya menggunakan kapasitor yang lebih banyak jumlahnya, dan lilitan kabel pada kumparan-kumparannya pun lebih banyak. Selain itu, power supply yang bagus, biasanya menggunakan kabel berlapis yang sering disebut dengan cable sleeving.

3.    Memiliki UL Number
UL number merupakan tanda produsen sebuah power supply. Dengan mengetahui identitas produsen/pabrik power supply tersebut kita dapat mengetahui apakah kualifikasi produknya telah bersertifikasi internasional. UL Number ini dapat di cek secara online lewat situs : http://www.ul.com/database/.

4.    Memiliki label spesifikasi voltase dan ampere yang digunakan, melekat di body power supply.
jika kita mengukur dengan Voltmeter atau Ampere meter, spesifikasi yang ada pada label tersebut sama persis dengan yang hasil pengukuran yang tertera.

5.    Mempunyai kemampuan lain, misalnya:
Active PFC (Power Factor Correction), yaitu rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien komsumsi daya listrik.
Over Voltage Protection, yaitu kemampuan power supply untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung karena adanya lonjakan voltase listrik yang tiba-tiba.
Continuous Output, yaitu kemampuan power supply untuk memberikan daya setiap saat dibutuhkan.

Isu-isu apasaja yang sering bermasalah di power Supply?

Namanya juga sebuah perangkat elektronik pastinya mengalami kendala atau masalah selama dalam pemakaiannya namun itu semua tergantung kualitas barangnya dan juga perawatanya itu sendiri berikut ini saya akan jelaskan masalah - masalah apasaja yang sering terjadi pada power supply sehingga mengalami kerusakan pada PSU

  • Berdebu di karenakan  banyak masuknya debu pada fan (kipas) power supply
  • kipas power supply berhenti tidak bisa berputar namun power supply tetap berjalan
  • Electrolit Condensator (ELCO) pada power supply sudah kadaluarsa atau rusak sehingga power supply tidak dapat menyalurkan aliran listrik ke feripheral.
  • lonjakan listrik yang disebabkan pln di karenakan turun naiknya daya listrik pln

Merk apa yang rekomended buat PSU ?

sebenarnya saya sudah merasa dirugikan karena merek ini telah beriklan di blog saya , hehe . namun tidak ada salahnya saya memberikan nama merk tersebut sebagai intervensi kedepannya.

Merek-merek  direkomendasikan yang kebanyakan beredar di Indonesia:
  • Corsair
  • Silverstone
  • Antec
  • Enermax
  • FSP (Fortron)
  • Mushkin
  • OCZ Technology
  • Tagan
  • PowerLogic
  • Thermaltake ToughPower Only

Merek-merek  tidak direkomendasikan yang kebanyakan beredar di Indonesia:
  • Mentari Power
  • e-Pro
  • Simbadda
  • Codegen
Nah berikut ada ulasan saya mengenai PSU yang saya dapat dari beberapa referensi di situs lainya dan juga dari pengalaman saya sendiri, apabila ada lagi pertayaan lainya teman bisa tinggalkan komentar dibawah ini.nndwn

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Cara Memilih Power Supply yang Baik
4 / 5
Oleh

13 komentar

Terimakasih Gan post bermanfaat ..

Terimakasih artikel ny. . . :-)
Mas, psu sy kalau dicolokan k listrik, tiba2 listrik pln ny langsung mati, it kira2 ap penyebabnya?,

Ijin niru bang wan :v



Visit : http://wikuweb.com/

untuk mas @ujang penyebabnya ada konslet pada suatu perangkatnya mas... mungkin itu berupa papan pcb nya atau kabelnya namun apabila papan pcb yang konslet ganti aja 1 daya aja mas ... yang berupa 2 kapasitor yang besar dan 3 transistor yang terdapat pada power supply nya sesuai nilai dan daya pada power supply nya tersebut

Keren artikelnya bisa jadi referensi tulisan saya ini, terima kasih :

Tips Memilih PSU Terbaik untuk Komputer Gaming

PSU sy, wktu di colokin ke listrik cuman kipasnya aja yg muter gk lama langsung berhenti.. cabut, trus colokin lg.. gitu2 aja terus.. solusinya gmana ya? Makasih... :)

untuk mas Aland Putra cari letak permasalahan nya mas .. itu ada 2 kemungkinan
1. masalah pada kipas , . apabila masalah di kipas diganti saja .. kipas PSU ada juga yang menjualnya kok ... 2. masalah kedua pada komponen pada papan pcb nya cek aja kalu ini banyak kemungkinan perlu dicek kembali dengan multitester

Pc saya tiba2 bunyi seperti bunyi petasan trus mati total...power supplynya ku test kipasnya ga muter lagi...apakah power suppy masih bisa di perbaiki, trus komponen PC apa saja yg ikut rusak..?padahal psu sy merk thermaltake...

Bermanfaat banget gan
Saya lagi mau beli komputer nih
Thx yaaa

Pagi gan... mau nanya nih psu saya merek coolmaster 400 wat double fan.. trus vga gf9600 512mb 256bit . Tapi permasalahannya hdd saya udh 2
3 hdd rusak 1 badsec 2x lgi tertulis eror.. mhon solusinya gan..mksih

nice info, ntabz

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Cara Memilih Power Supply yang Baik