Apa itu IPv4 dan IPv6 serta Perbandinganya ~ Notepedia

Tuesday, September 13, 2016

notepedia-Apa itu IPv4 dan IPv6 serta Perbandinganya
Alamat IP Atau IP Address (Internet Protokol Address)  mungkin sudah tidak asing lagi bagi penguna komputer khususnya penguna internet karena IP ini sangat berperan penting menghubungkan Penguna satu ke penguna lainnya di seluruh dunia seperti contohnya saja Internet yang dingunakan sekarang.




Penulis akan membuat rumusan masalah terlebih dahulu mengenai artikel ini seperti :
  1. Apa Itu IP Address (Internet Protokol Address) ?
  2. Apa perbedaan  keunggulan IPv4 dan IPv6  ?
  3. Mengapa IPv4 digantikan dengan IPv6 ?

1.1 Apa itu IP (Internet Protokol)

Mungkin sebagian sudah mengetahui mengenai fungsi IP namun disini penulis akan menjelaskan kembali secara singkat mengenai Internet Protokol tersebut .
IP Address (Internet Protokol Address ) adalah suatu indetitas berupa alamat yang berbentuk angka biner yang di konversikan menjadi bilangan desimal, jadi ditiap bilangan tersebut tidak bisa dijumlahkan diatas 255 . IP Address merupakan deretan biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang dingunakan sebagai alamat identifikasi untuk alamat IP address versi IPv4 dan angka 128 bit dingunakan untuk IP address versi IPv6 untuk menunjukan alamat dari komputer pada jaringan internet yang berbasis TCP/IP.
IP Address tersebut memilki identititas numerik yang akan dilabelkan kepada suatu device yang memilki suatu system operasi atau perangkat lunak yang mampu untuk pengoperasianya seperti halnya komputer,mobile,router,dan printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang mengunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi.

1.2 Apa Fungsi IP Address

Dalam penjelasan singkat sebelumnya sudah terdapat letak fungsi dari IP Address tersebut namun dari beberapa referensi IP Address memiliki dua fungsi yang akan di jelaskan seperti :
1. IP Address dingunakan  sebagai  alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan.
Fungsi ini di ilustrasasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut.dalam jaringan komputer pun berlaku hal yang sama yaitu IP Address yang unik tersebut akan dingunakan untuk mengenali sebuah komputer atau device pada jaringan.
2. IP Address digunakan sebagai alamat lokasi jaringan.
Fungsi di ilustrasikan seperti alamat rumah kita menunjukan lokasi kita berada.Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP Address memuat informasi keberadaanya.ada rute yang harus dilalui agar data dapat sampai ke komputer yang dituju.

1.3 Jenis IP Address

Seperti hal dengan judul artikel ini IPv4 versus IPv6 , IP Address tersebut dibagi menjadi 2 jenis  dan berikut ini penjelasan singkatnya.

1. IP versi 4 (IPv4)

Internet Protocol version 4 atau IPv4 terdiri dari 32-bit dan bisa menampung lebih dari 4.294.967.296 host di seluruh dunia. Sebagai contoh yaitu 172.146.80.100 , jika host di seluruh dunia melebihi angka 4.294,96.296 maka dibuatlah IPv6

2. IP versi 6 (IPv6)

IPv6 diciptakan untuk menjawab kekhawatiran akan kemampuan IPv4 yang hanya mengunakan 32 bit untuk menampung ip address di seluruh dunia, semakin banyaknya penguna jaringan internet dari hari ke hari diseluruh dunia IPv4 dinilai suatu saat akan mencapai batas maksimum yang  dapat ditampungnya, itulah IPv6 versi 12 bit diciptakan. Dengan kemampuannya yang jauh lebih besar dari IPv4 dinilai akan mampu menyediakan ip address pada seluruh pengguna jaringan internet di seluruh dunia yang semakin hari semakin banyak.
Internet protocol versi 6 atau IPv6 ini terdiri dari 128 bit. IP ini 4 kali dari IPv4, tetapi jumlah host yang bisa ditampung bukan  kali dari 4.294.967.296  melainkan 4.294.967.296 pangkat 4, jadi hasil nya 340.282.366.920.93.463.463.374.607.431.768.211.456. Dengan kapasitas alamat IP yang sangat besar pada IPv6, setiap perangkat yang dapat terhubung ke Internet (komputer desktop, laptop, personal digital assistant, atau teleponseluler GPRS/3G) bisa memiliki alamat IP yang tetap. Sehingga, cepat atau lambat setiapperangkat elektronik yang ada dapat terhubung dengan Internet melalui alamat IP yang unik.Protokol IPv6 ini memiliki beberapa fitur baru yang merupakan perbaikan dari IPv4,diantaranya :

1. Memiliki format header baru

Header pada IPv6 memiliki format baru yang didesain untuk menjaga agar overhead header
minimum, dengan menghilangkan field-field yang tidak diperlukan serta beberapa field opsional
yang ditempatkan setelah header IPv6. Header IPv6 sendiri besarnya adalah dua kali dari besar header dari IPv4.
2. Range alamat yang sangat besar
IPv6 memiliki 128-bit atau 16-byte untuk masing-masing alamat IP source dan destination.
Sehingga secara logika IPv6 dapat menampung sekitar 3.4 x 1038 kemungkinan kombinasi alamat.Pengalamatan secara efisien dan hierarkis serta infrastruktur routing
Alamat global dari IPv6 yang digunakan pada porsi IPv6 di Internet, didesain untuk
menciptakan infrastruktur routing yang efisien, hierarkis, dan mudah dipahami oleh pengembang.
1. Konfigurasi pengalamatan secara stateless dan statefull
IPv6 mendukung konfigurasi pengalamatan secara statefull, seperti konfigurasi alamat
menggunakan server DHCP, atau secara stateless yang tanpa menggunakan server DHCP. Pada
konfigurasi kedua, host secara otomatis mengkonfigurasi dirinya sendiri dengan alamat IPv6
untuk link yang disebut dengan alamat link-lokal dan alamat yang diturunkan dari prefik yang
ditransmisikan oleh router local.

2. Built-in security
 
Dukungan terhadap IPsec memberikan dukungan terhadap keamanan jaringan dan menawarkan interoperabilitas antara implementasi IPv6 yang berbeda.
3. Dukungan yang lebih baik dalam hal QoS
Pada header IPv6 terdapat trafik yang di identifikasi menggunakan field Flow Label, sehingga dukungan QoS dapat tetap diimplementasikan meskipun payload paket terenkripsi melalui IPsec.
4. Protokol baru untuk interaksi node
Pada IPv6 terdapat Protokol Neighbor Discovery yang menggantikan Address Resolution Protokol.
5. Ekstensibilitas
IPv6 dapat dengan mudah ditambahkan fitur baru dengan menambahkan
header ekstensi setelah header IPv6. Ukuran dari header ekstensi IPv6 ini hanya terbatasi oleh
ukuran dari paket IPv6 itu sendiri.

Mengapa IPv4 digantikan IPv6 ?

Penjelasan sebelumnya sudah cukup jelas mengapa IPv4 mulai dialihkan ke IPv6 , hal ini dikarenakan mulai banyaknya penguna internet  di dunia yang dengan mudah dapat mengakses internet hanya pada gengaman tangan saja, sementara IPv4 memiliki batasan dalam menyedian alamat IP hal itu menjadi masalah apabila penguna internet seluruh dunia melebihi batasan tersebut, maka karena itu dimulainya secara perlahan pengalihan dengan mengunakan IP versi 6 pada internet yang melengkapi permasalahan IP sebelumnya.
Dan berikut ini adalah table Perbedaannya.


notepedia-Apa itu IPv4 dan IPv6 serta Perbandinganya

Apabila teman memilki suatu tambahan atau pertanyaan dalam artikel ini atau pun suatu kesalahan pada penulisan atau kritika dan saran ,teman dapat bisa tambahkan berupa komentar di bawah ini.nndwn

Sumber Referensi :
http://simforthjoan.blogspot.com/
http://www.patartambunan.com/pengertian-ip-address/
 

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Apa itu IPv4 dan IPv6 serta Perbandinganya
4 / 5
Oleh

1 komentar:

Saya tertarik dengan postingan anda ini, informasi IPV6 yg sangat berguna sekali.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
Informasi Seputar Cisco Gunadarma

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Apa itu IPv4 dan IPv6 serta Perbandinganya