Apa Penting Penamaan Brand dalam Indentitas dan Logo? ~ Notepedia

Tuesday, September 13, 2016

Apa Penting Penamaan Brand dalam Indentitas dan Logo?

teknik design logo naming
Brand secara umum dianggap sama dengan sebuah logo dan merek. Padahal sebenarnya brand adalah sebuah rangkuman indetitas  yang bersifat secara menyeluruh yang mencakup baik  berupa secara fisik,non fisik,pengalaman dan asosiasi.
Brand memilki makna yang jauh lebih dalam dan luas daripada sebuah logo, Mengapa ? karena logo hanya berbentuk benda fisik secara visual yang hanya bisa di lihat sedangkan brand mencakup dari semua keseluruhannya. Dan menurut beberapa para ahli Design Grafis Indonesia.

“Logo Adalah Wajah,Indetitas adalah Penampilan dan Sifatnya Sementara brand merupakan rangkuman nilai-nilai Sebuah esensial dan entitas”.  
( Surianto Rustan)

Dari kesimpulannya Brand adalah hal yang sangat penting  dalam sebuah pembentukan Indentitas namun sementara itu Bagaimana menentukan Sebuah Nama Dalam sebuah Brand ?

Apalah arti sebuah nama

Menentukan sebuah nama itu tidaklah mudah dan tidak sembarangan karena sebuah nama yang dikenal terlebih dahulu sebagai gambaran awalnya dan Nama adalah sebagai pembeda dari sebuah indetitas lainya.

Penamaan (naming) di Indonesia kurang mendapat perhatian. Biasanya pemilik menentukan nama perusahaan atau produknya sendiri tanpa perlu meriset terlebih dahulu. Sebagai pembentukan brand image awal,perbedaan satu huruf saja dalam nama dapat membawa keuntungan dan kerugian yang sangat berpengaruh dalam sebuah entitas.Prosesnya tidak mudah :  Mulai dari filosofi , riset dari segi ilmu bahasa (linguistic) ,Evaluasi dari bunyi dan pengucapan ,riset ke publik dan masih banyak lagi.

Di Negara-negara maju kesadaran akan hal ini cukup besar, sehingga banyak perusahaan yang mengkhususkan diri hanya bergerak di bidang naming saja. Dan berikut tips tambahan dalam menentukan Nama.

1. Pengunaan Bahasa harus jelas dan sesuai dari penulisan dan penyebutannya dan memilki sebuah arti yang bagus maka karena itu riset terlebih dahulu dari segi bahasa lokal atau bahasa asing lainya apakah mememiliki arti yang berbeda ?
2. Unik, Orisinil dan tidak Generik atau tidak mirip. Kalau sudah memiliki suatu unik maka sudah memilki suatu daya tarik tersendiri dan itu harus orisinil tidak meniru atau tidak mirip dengan nama brand lainya.
3. Singkat. Dalam arti mudah di tulis dan diucapkan agar mudah di ingat.
4. Tidak mirip kata lain baik di tulis maupun dilafalkan sehingga tidak menimbulkan salah pengertian.
5. Tidak menimbulkan konotasi negatif , baik bias di tulis maupun diucapkan, hal ini pernah terjadi pada sebuah perusaahaan Migas ENRON yang pada tahun 1985 memiliki nama ENTERON dalam arti bahasa yunani anus laki-laki.dan padah tahun 2001 ENRON bangkrut akibat skandal yang menghebohkan dunia.
6. Fleksibel. Berorientasi masa depan tidak ketingglan zaman, tetap sesuai trend dan budaya.
7. Tetap jelas dan menarik bila divisualisasikan dalam bentuk logo atau digabungkan dengan bentuk visual lainya.
 
teknik design naming brand

jadi bagaimana "apalah arti sebuah nama" ? Apabila ada tembahan dan masukan berikan pada kotak komentar dibawah ini.nndwn

Daftar Pustaka
Rustan, Surianto. 2009."Desain Logo" .Jakarta

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Apa Penting Penamaan Brand dalam Indentitas dan Logo?
4 / 5
Oleh

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Apa Penting Penamaan Brand dalam Indentitas dan Logo?