Hindari ini dalam penerapan Logo ~ Notepedia

Tuesday, September 13, 2016

Logo mungkin sudah sepatutnya untuk dihargai dalam sebuah penerapanya dan mengapa dihargai ? dan berikut penulis akan menjelaskan apa saja hal-hal yang harus dihindari dalam penerapannya.

Dari buku  Design Logo ‘karya Surianto Rustan’  menjelaskan bahwasanya logo merupakan atribut paling utama yang terlihat secara fisik, seperti layaknya wajah pada manusia.

Veronica Napoles,penulis’Corporate Indetity Design’ menambahkan dalam sebuah perusahaan sepertilah sebuah wujud manusia, mereka memilki karakter pribadi,budaya dan prinsip-prinsip. Namun mereka terlihat kaku dan tidak memiliki kepribadian tampa kehidupan layak seorang manusia.Maka karena itu identitas visual mebantu membuat mereka lebih bewarna dan manusiawi, dengan memberikan ‘wajah’ dan kepribadian dalam bentuh hanya sebuah logo.

Jelas dari penjelasan diatas bahwasanya sebuah logo itu sangatlah penting dan bersifat sakeral , dari logo menampilkan dari sebuah tidak berwujud menjadi  ada wujudnya  dan berkarakter sehingga ada sebuah indentitas yang berupa visi dan misinya walaupun hanya berupa gambar visual dari logo tersebut.
Dari sini mungkin kita sudah mengerti bahwa logo selayaknya wajah pada wujud manusia, namun banyak sekali yang melakukan tindakan sengaja atau tanpa sengaja yang kurang untuk menghargainya dan berikut ini adalah beberapa tindakan yang patut untuk dihindari.

Menarik logo secara tidak proposional, yaitu memaksa gambar logo membesar atau memperkecil ukuran nya dengan cara menariknya ke samping atau kekiri maupun ke atas atau kebawah secara paksa sehingga logo pun tampak berubah aneh dan tidak enak untuk dipandang.
Dan terkadang ada juga yang berusaha untuk menyesuaikannya dengan cara memiringkanya,merubah warna logo, menambah efek lain seperti banyangan, atau efek tiga dimensi.

Kesimpulan

Dari kesimpulan tersebut bisa didapatkan  sebagai berikut :
  1. Logo bersifat sakeral dan atribut paling utama yang terlihat secara fisik.
  2. Hindari Menarik gambar logo secara paksa dari berbagai arah harus Proposional.
  3. Hindari perubahan dari bentuk berupa warna ,posisi bentuk logo, serta pemberian efek yang aneh-aneh ke dalamnya.
Hindari ini dalam penerapan Logo

Dari contoh gambar tersebut apakah enak dipandang ? ,Apabila ada tembahan dan masukan berikan pada kotak komentar dibawah ini.nndwn

Daftar Pustaka
Rustan, Surianto. 2009."Desain Logo" .Jakarta

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Hindari ini dalam penerapan Logo
4 / 5
Oleh

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Hindari ini dalam penerapan Logo