Pemahaman Logotype dan Logogram ~ Notepedia

Tuesday, September 13, 2016

Pemahaman Logotype dan Logogram-notepedia
Mungkin sebagian desainer pemula masih kurang mengenal dalam istilah-istilah design  dalam logo,salah satunya Logotype dan Logogram  yang sering sekali dingunakan dalam klasifikasi pembuatan logo. Berikut ini penulis akan menjelaskan secara singkat arti dari istilah Logotype dan Logogram beserta contoh-contohnya.

 

 

Logotype

Logo adalah suatu indetitas visual yang berupa symbol,gambar atau tulisan  yang mewakilkan dan menggambarkan ciri dari sesuatu baik itu barang, lembaga, perusahaan, instansi ataupun website. Pada awalnya  sebuatan Logo lebih dikenal dengan sebutan Logotype  yang bermula sekitar tahun 1810 – 1840, yang awalnya berupa sebuah tulisan nama yang didesain secara khusus dengan teknik tertentu atau mengunakan jenis huruf tertentu contohnya seperti Logotype Coca-Cola (1885). Jadi kesimpulannya adalah  logotype adalah elemen tulisan saja tapi lain halnya dengan Logogram.

logotype- notepedia


Logogram

Logogram adalah berupa element gambar symbol dalam sebuah logo biasanya berupa symbol angka ataupun symbol matematika yang disisipkan pada suatu teks Logo ,  yang berfungsi  memberikan variasi atau untuk mempersingkat sebuah penulisan sebuah kata, Contoh : ‘&’ untuk menyingkat ‘dan’, ‘#’ untuk meyingkat ‘nomor’.logogram sering juga disebut ideogram yang berarti simbol yang mewakili sebuah ide atau arti. Tapi banyak yang menduga logogram adalah suatu gambar dalam logo namun sebenarnya gambar yang berupa logo tersebut biasa disebut dengan istilah Picture mark sementara tulisannya Letter Mark.


Kesimpulan ,Jadi apa perbedaan Logotype dan logogram ?


Pada dasarnya kedua istilah tersebut logotype dan logogram memilki sebuah arti yang sama karena pada dasarnya berupa suatu simbol yang berupa sesuatu indetitas yang disesuaikan berupa teks tulisan namun perbedaannya hanyalah fungsi dan bentuk serta pengunaan saja dalam pembuatan suatu logo. nndwn

Apabila ada sedikit tambahan mohon dikomentari !

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Pemahaman Logotype dan Logogram
4 / 5
Oleh

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Pemahaman Logotype dan Logogram