Sejarah Perkembangan Logo ~ Notepedia

Saturday, August 15, 2015

Sejarah perkembangan Logo-teknik desain
Walaupun waktu telah berubah lebih maju dan modern namun pengetahuan mengenai sejarah tidak bisa untuk di lupakan karena sejarah adalah awal terciptanya sebuah beradaban , maka karena itu sejarah menjadi sebuah patokan dasar agar dapat memahami lebih jauh mengenai perkembangan sebuah teknik desain Logo.  Penulis akan menjelas berupa riwayat dari awal tahun hingga sekarang secara singkat.

Tahun 1850 Awal Dimulai

Pada abad ke-18 penerapan logo sangat jarang dingunakan pada sebuah instansi dalam sebuah perusahaan . logo berupa karya seni ilustrasi yang sangat bertumpu pada kemampuan ketrampilan melukis sang seniman,karena dibuat secara manual maka selalu akan berubah-ubah  dari bentuk ukuran  dan warna atau bentuk penerapan lainya namun tetap dalam satu visual yang sama.

Tahun 1890 Awal Fungsi Logo

Pada akhir abad ke -18 terjadi revolusi industri di eropa yang mengakibatkan produksi rumahan berpindah ke pabrik dan produksi yang massal yang menyebabkan banyaknya kemiripan antar produk yang sejenis . keadaan ini membuat para produsen sadar akan perlunya suatu pembeda yang jelas antar perusahaan .  dari sini munculah kebutuhan akan logo di tiap produsen di masa itu.

Tahun 1920 Pengaruh Behaus

Setelah dimasa revolusi itu pada tahun 1920-an Bauhaus dalam pekembangan desain grafis sangat mempegaruhi desain logo pada saat itu. Sampai dengan tahun 1930 umumnya logo amerika berbentuk ilustrasi dan mengandung literal / langsung.

Tahun 1940 Fungsi Logo Berkembang

Sejak 1940-an kegunaan logo mulai berkembang dari yang berfungsi sebagai pembeda antar produk menjadi sebuah indentitas pencintraan  dalam sebuah perusahaan. Logo mulai di terapkan pada sebuah media kebutuhan sebagai iklan dalam produknya.

Tahun 1950 Pasca Perang  Dunia II

Di tahun 1950 setelah perang dunia II   perkembangan desain pada saat itu sangat pesat , perusahaan multinasional dengan variasi produknya mulai membutuhkan logo sebagai pembangun brand awaraness.  Hingga berkeembang nya brand tersebut sehingga perusahaan multinasional membuka cang berbeagai Negara dan mendorong pengaruh desain dan kebudayaan . sehingga banyaknya perusahaan besar menggantikan logo nya yang berkesan global.

Tahun 1970 Pengaruh Gaya  Psycdelic

Perkembangan desain Logo disertai juga mengikutin perkembangan desain grafis sehingga gaya pada logo di pengaruh oleh zamanya seperti tahun 1970 yang dipengaruhin oleh gaya psycdelic di waktu itu. 

Tahun 1970 Konsep Sederhana pada Logo

Karena konsep logo tersebut kurang efektif pada tahun 1970 Konsep keserdehanaan mengikutin bentuk geometris dasar sangat populer. Bentuk logo menjadi sangat sederhana statis dan generik.

Tahun 1990 Konsep Variatif dan Sederhana

Hingga pada tahun 1990 dikarenakan pesatnya teknologi digital dan intenet, dan maraknya website dan online company , menciptakan gaya logo yang variatif dan penuh warna.

Tahun 2000 Konsep Semakin Variatif

Dan pada tahun  2000 hingga sekarang  bentuk logo semakin bebas, namun ada kecenderungan gaya yang generik atau kesamaan.

Dan berikut ini adalah contoh berdasarkan tahun sesuai yang dijelaskan diatas.

Sejarah Perkembangan Logo


Tulisan ini berdasarkan Buku Mendesain Logo karya Surianto Rustan

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Sejarah Perkembangan Logo
4 / 5
Oleh

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Sejarah Perkembangan Logo