Sejarah Perkembangan typografi Bagian 3 ~ Notepedia

Wednesday, November 4, 2015

Sejarah Perkembangan typografi Bagian 3

Sejarah Perkembangan typografi Bagian 3
Ada baiknya membaca artikel sebelumnya mengenai sejarah  perkembangan typografi bagian 1 dan bagian 2  agar lebih memahami dan mengerti sebuah proses pembentukan typografi , dan kali ini penulis akan melanjutkan kembali pembahasan yang sebelumnya.
Karena pembahasan perkembangan typografi sangat panjang maka penulis akan membuat deretan waktu yang berupa tahun dan juga penjelasan singkatnya.

Tahun 1765

Pada tahun itu Pengunaan Huruf bukan menjadi media bacaan saja  huruf menjadi sebuah media informasi visual yang di bentuk sedemikian rupa agar tampak lebih menarik. Hal itu terjadi di karenakan dimulai sebuah era revolusi industry.

revolusi industry

Tahun 1784

Firmin Didot di Prancis meciptakan typeface dengan kontras ekstrim sangat tipis dan angle of stress vertikal, tidak lama setelah itu  Gianbasttista Bodoni medesain typeface dengan gaya cederung sama huruf ini bisa dikenalin hingga sekarang dengan  font bodoni family.

bodoni

Tahun 1796

Penemuan teknik cetak Lithography oleh aloys scenefelder yang makin membuka keleluasaan bagi desainer untuk memproduksi gambar dan teks sekaligus.


lithography

Tahun 1810

Pada tahun ini munculnya typeface khusus display yang biasanya dingunakan untuk media iklan pada papan reklame yang dibuat secara manual mengunakan lukisan tangan ( lettering).

Tahun 1816

Pada tahun itu di diperkenalkan huruf sans serif  oleh sebuah perusaan huruf  Caslon foundry sebagai variasi dari typeface display , sans serif saat ini sering disebut juga dengan nama font Doric,Grotesque,Gothic,Sans Surryph.

Grotesque

Tahun 1829

Penemuan mesin ketik ditemukan oleh William Autin di Amerika dan juga untuk pertama kalinya tulisan monospanced ada, sejak penemuan mesin ini kebutuhan menulis sebuah huruf pun menjadi mudah.

Tahun 1838

Selang bebeberapa tahun Mesin Ketik semakin berkembang , Davide Bruce jr. menemukan mesin type-casting mesin itu mampu menyusun teks 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Dalam perkembanganya ada dua mesin yang merajai  pasaran sama sekitar tahun 1950, yaitu Linotype ditemukan oleh seorang mekanik jerman Ottmar Mergenthaler Penemu Monotype adalah seorang amerika Tolbert Lanston.

Tahun 1875

Pada tahun itu tulisan mulai di pengaruhin oleh gaya desain yang lagi tren semasa itu yaitu Arts & Crafts movement yang diawalin oleh William morris  inggris. Gerakan ini sebagai perlawanan terhadap sebuah arus Industrialilasi pada masa itu yang menganggungkan-agungkan mekanisasi /buatan mesin. Konsep Morris menekankan pada keterampilan individu dan kualitas seni yang tinggi dalam berbagai bidang keahlin dan kerajinan termasuk tipografi.

Tahun 1883

Gaya baru dalam design muncul dengan denama gerakan gaya Art Nouveau yang melanjutkan Arts & Crafts Movement , dengan konesp yang hapir sama . bentuk gambar dan tipografi sangat organic dengan komposisi asimetris.

Art Nouveau


Nah berikut itu adalah penjelasan seingkat mengenai sejarah perkembangan typografi sebenarnya masih ada lanjutanya pada Sejarah Perkembangan Typografi bagian 4 yang dimana banyak gerakan gaya desain yang bermunculan sehingga pengembangan typografi ikut turut sejalan dalam pengembangan tersebut.

Sejarah Perkembangan typografi Bagian 1
Sejarah Perkembangan typografi Bagian 2
Sejarah Perkembangan typografi Bagian 3

Sumber :
Rustan , Surianto  , Huruf font typogrfi, Jakarta, Indonesia : 2014

Wikipedia.org


SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Sejarah Perkembangan typografi Bagian 3
4 / 5
Oleh

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Sejarah Perkembangan typografi Bagian 3