Sejarah Perkembangan Typografi ~ Notepedia

Sunday, November 1, 2015

Sejarah Perkembangan Typografi

Sejarah Perkembangan Typografi
Sebuah typografi berhubungan sama dengan sebuah komunikasi yang berupa huruf ,hal ini sudah di lakukan oleh manusia  sejak dari 25.000 tahun S.M pada sebuah dinding dalam sebuah gua yang berupa pictogram berupa gambaran hewan atau object  tumbuhan dan benda lainnya.  Hingga 3200  tahun S.M  di temukan sebuah sistem tulisan pertama yang dibuat oleh orang-orang sumeria yang dinamakan tulisan cuneiform lalu di tempat berbeda orang-orang mesir mengembangkan hieroglyph sekitar tahun 3000 S.M yang berbentuk pictogram dan semakin lama berkembang dari ideogram (symbol) menjadi phonogram (bunyi).lalu di tempat yang berbeda sekitar tahun 1800 S.M muncul sebuah aksara cina yang berupa ideogram yang di buat pada media tulang atau di tulis pada sebuah benda.

Sistem tulisan semakin berkembang namun perkembangan sebuah tulisan tidak berkembang dengan sendirinya hal ini di pengaruhin tempat dan lokasi tertentu pada sebuah wilayah sehingga  bentuk tulisan selalu tampak berbeda dan banyak karakternya hingga bisa menjadi ribuan karakter tulisan,namun pencetus karakter tulisan  dibuat oleh orang-orang Phoenicia menyederhanakan dan membakukan alphabet dengan hanya mengunakan 22 karakter  dan menyebar luas di sekitar laut mediterania pada tahun 1500 S.M. lalu bangsa yunani kurang lebih tahun 800 S.M mulai mengadopsi alphabet Phoenician lalu dikembangkan  memiliki 5 konsonannya diubah menjadi huruf hidup yaitu alpha , epsilon,iota,omicron,dan upsilon ( yang disederhanakan  sampai sekarang menjadi A,I,U,E,O).

Hingga bangsa romawi menguasai yunani pada tahun 165 S.M , dan bentuk tulisan semakin berkembang. Hingga muncul huruf baru yunani, yaitu huruf  uncial pada sekitar tahun 300. Uncial lebih mudah dan lebih cepat di tulis, karena strokenya lebih sedikit dan bentuknya lebih membulat di bandingkan dengan huruf  yunani awal.

Tulisan menjadi sebuah kebutuhan sehingga sekitar abad 5 di eropa mulai di buat kitab-kitab suci yang di tulis dengan tangan, digambar dan dihias dengan indah. Dan pada akhir abad 6 half uncial mulai popular khususnya di irlandia. Half uncial lebih ekonomis karena huruf-hurufnya lebih kecil dan lebih legible karena jarak antar katanya diatur rapi. Jenis tulisan ini dipercayakan menjadi awal mula lowercase atau huruf kecil dan ascender dan descender-nya.

Perkembangan sebuah tulisan membutuhkan sebuah proses  sangat lama dan hingga  menjadi bentuknya seperti sekarang dan sangat panjang untuk di diterangkan maka karena penulis mengurutkan menjadi 3 bagian . Dan  pada halaman berikutnya penulis akan menjelaskan kembali  sejarah perkembangan typografi bagian 2 yang dimana tulisan latin sudah menjadi populer dan dingunakan seluruh dunia. Nndwn

dan berikut ini adalah gambaran urutan  sesuai penjelasan diatas


Sejarah Perkembangan Typografi-notepedia

SHARE THIS POST

Permohonan Penulis :

Penulis mengizinkan teman untuk mengutip, menggunakan, mengembangkan dan memperbanyak isi artikel ini secara bebas namun dengan tetap menyertakan nama penulis, sumber dan referensi penulis
Sejarah Perkembangan Typografi
4 / 5
Oleh

Are you Awesome? Legend has it that Awesome people can and will share this post!
Sejarah Perkembangan Typografi